Monday, August 16, 2010

Macam-macam Arti KEMERDEKAAN

Tanggal 17 Agustus 2010 kembali kita memperingati kemerdekaan negara kita tercinta, Republik Indonesia. Banyak sekali cerita yang sudaj tergores dalam sejarah perjalanan bangsa ini, mulai dari cerita kesuksesan, maupun cerita kegagalan, silih berganti menghiasi dinding sejarah bangsa ini. Belum hilang dari ingatan kita, ketika para pejuang rela mengorbankan jiwa dan raga mereka demi memperjuangkan kemerdekaan bangsa ini, dan ketika naskah proklamasi dibacakan oleh Bung Karno dan Bung Hatta, menjadi awal perjuangan kita sebagai bangsa yang merdeka.


Setelah sekian lama kita berjalan dalam terang kemerdekaan, kita masih disuguhkan dengan berbagai realita dalam masyarakat yang membuat kita bertanya, apa sebenarnya arti kemerdekaan? Mungkin jika kita bertanya pada setiap orang, akan muncul macam-macam arti kemerdekaan menurut pandangan mereka masing-masing. Para pejuang dahulu memaknai kemerdekaan sebagai sebuah hasil perjuangan dengan mengorbankan jiwa dan raga, demi terbebas dari penjajahan bangsa lain. 

Lalu apa arti kemerdekaan bagi diri kita sendiri?
Bagi saya pribadi, arti kemerdekaan, selain seperti yang dicitacitakan oleh para pejuang, bahwa kemerdekaan merupakan suatu situasi dimana kita dapat hidup dengan sejahtera, dimana masing-masing pribadi dapat saling menghargai, dan kemerdekaan merupakan cerminan dari situasi kondusif, dimana rakyat diberikan kebebasan, dan kewenangan untuk dapat menentukan pilihan mereka sendiri dalam menjalani hidup berbangsa dan bernegara.

Itulah sedikit makan kemerdekaan bagi saya..

Pernahkah kita berfikir, apa arti kemerdekaan bagi beberapa kelompok marginal yang ada di negeri ini?

Apa arti kemerdekaan bagi para buruh migran?
Apa arti kemerdekaan bagi kelompok-kelompok minoritas?
Apa arti kemerdekaan bagi para warga di daerah perbatasan?

Pernahkah kita membayangkan apa arti kemerdekaan bagi mereka?

Dirgahayu Republik Indonesia
Jayalah NKRI

2 comments:

Nyayu Amibae said...

MERDEKA!!!

mari kita isi kmerdekaan dengan hal2 yang postif!!!

Rossy said...

MERDEKA!!